Perawatan Saluran Akar Gigi (Canal Root)-Based on My Experience

Gw bukan dokter gigi, tapi mencoba menulis perawatan saluran akar gigi atau dikenal dengan canal root berdasarkan pengalaman gw.Gw punya 3 gigi busuk yang membutuhkan perawatan T.T. Ada 2 opsi yang ditawarkan 4 dokter gigi (dokgi) berbeda, yaitu pencabutan dan canal root. Opsi pertama jelas menjadi momok selama bertahun2 buat gw, paling ngeri deh membayangkan gusi disuntik dan gigi tercerabut dari akarnya, ngerinya kayak orang ngadepin amputasi kaki/tangan ajah. Serius takut banget, gw bahkan sempet nanya ke orang yang pernah melahirkan dan pernah cabut gigi, mana yang lebih sakit…hueee :D. Opsi kedua, yaitu canal root, begini kira2 ilustrasinya.

800px-Root_Canal_Illustration_Molar.svg

Root canal procedure: unhealthy or injured tooth, drilling and cleaning, filing with endofile, rubber filling and crown

(sumber : wikipedia)

Seperti bisa dilihat digambar, dibagian bawah gigi, yang warna ijo ituuuu infeksi yang harus disingkirkan, caranya yaitu, gigi yang bermasalah di bor sampe cukup lubang buat alat pembersih infeksi masuk. Alat yang dipake untuk membersihkan infeksi berupa jarum elastis yang panjangnya bisa menjangkau sumber infeksi. Bentuk jarumnya macem2 ada yg berulir, ada yg polos, panjang dan besar diameternya juga beragam, sesuai dengan kebutuhan. Setelah saluran akar dibersihkan, kemudian diisi oleh materi filling, dan lubangnya ditutup sementara. Begitulah prosedur ini berulang beberapa kali sampai infeksi benar2 bersih, kemudian baru lubang dapat ditutup permanen.

Beberapa kali harus canal root, ada pengalaman baik dan ada pengalaman buruk yang gw rasakan. Pengalaman baiknya, gw sama sekali nggak ngerasa sakit ketika di treatment, dokgi gw cerita itu karena syaraf2 gigi gw sudah mati :D. Pengalaman buruknya, gw pernah ngerasa sakit karena dokgi gw mau memastikan proses pembersihan saluran akar itu sampai diujung akar, nah ketika mentok itu loh, seperti ada sensasi tertusuk jarum yg gw rasakan *hiks. Terus pernah juga selama +- 2 hari setelah perawatan gw ngerasa sakit, kalo diagnosis gw sih karena gigi gw meradang abis diukrek2 ampe mentok ama dokgi, selain itu juga karena saluran akar gw diisi materi filling yg agak sakit bila tertekan atau digunakan mengunyah.

Pengalaman lain yang menegangkan ketika canal root adalah ditemukannya polip di salah satu gigi berlubang gw yang harus dirawat. Polip adalah semacam daging meradang yang tumbuh keluar lubang gigi, ih serem kaaan. Satu-satunya solusi adalah polip itu harus dibuang, digunting, oh noooooooooooooooo…..Gw beruntung punya dokgi yang mampu meyakinkan gw bahwa it will be ‘ok’ to get rid off the polip, won’t even hurt, dan tanpa banyak memberikan waktu untuk gw berpikir dia udah megang jarum bius ditangannya dan perawatnya siap megang gunting :D. Nyeees dan kres…thats it, digunting, gak berasa, hahah lucu, adegan suntik gusi yang menjadi momok bertahun2 gw lewatin gitu ajah, ternyata selama ini hanya ketakutan gw doang *cuih.

well well sbenernya sakit itu kan relatif yah…kalo ditanya canal root sakit apa nggak yaaaah menurut gw sedikit lebih sakit dr sakit gigi nyut2an yang disebabkan gigi busuk gw yg berdemo menuntut perhatian, tp sakitnya nggak lama, hanya ketika traetment dan beberapa saat setelah treatment.  Tapi kalo dipikir2 yah, karna gw belum pernah cabut gigi, bisa aja sebenernya cabut gigi tuh nggak sakit , my point is, sebenernya semua itu tergantung kekuatan pikiran kita mengendalikan rasa takut kita.

the biggest fear is fear itself — quote

26 thoughts on “Perawatan Saluran Akar Gigi (Canal Root)-Based on My Experience

  1. bwahahahaha ya ampun haniiiiiii…. lha itu udah ada pengalaman disuntik obat bius, klo cabut gigi kan sama aja disuntik obat bius dulu klo dah mati rasa baru dicabut. percaya deh, pas dicabut gak kerasa apa2 kok. mending gigi yg bermasalah dicabut aja daripada masalahnya nyebar ke gigi sebelahnya hihihi….

    • hehehe iya mbak, tapi ini ceritanya gigiku masih bisa dipertahankan *ngeles, jadi aku perawatan syaraf dulu, eh tapi ada sih 1 gigi yg agak hopeless walopun uda dirawat :D, doain yah aku tabah dan berani :p

  2. Pingback: Crown Gigi [Gigi Robocop] | Keluarga "P"

  3. Sis, saya mw tnya. Saya kmrn bru hbis perawatan saluran akar. Nah msi skit smpe skg. Apa itu hal yg biasa? Nyeri2.. Skit ny smpe kapan y 😦

    • hai sis, obat anti sakit yg dikasih nggak mempan gituh? coba kembali ke dokter giginya, kalo masih sakit bisa juga karna masih infeksi ato masih ada kuman didalam saluran akarnya, saya juga pernah sakit sis, tapi nggak tau juga karna masih belom bersih, atau karna efek ditusuk2 sampe mentok ujung akar, ke dokter lg aja yah, semoga cepat sembuh 🙂

  4. Hi Hani,, mau nnaya donk, dokter giginya siapa n praktek dimana?
    Saya saat ini juga baru saja sedang menjalani perawatan infeksi akar gigi, baru aja hari ini di bersihin dan dikasih obat, namun pas malamnya tiba2 sakit bgt nyut nyutan,, kuatir dokter saya ada yg gak beres, maka dari itu mungkin mau coba dokter gigi lain, soalnya sakit sekali ini,

    Terima kasih,
    Salam kenal

    • Hi Arianne, aduuuh sorry for slow response yah, sakit gigimu mungkin udah sembuh ya? aku berobat di klinik gigi kantorku, nggak tau jugak dia buka praktik apa nggak, setauku rumahnya daerah kuningan, gimana?apa mau kutanyakan?

      hummmm menurutku dokgi ku so so sih, nggak jago2 amat, ada kalanya aku juga ngerasa dia ngerjainnya nggak bener, karna pernah ngalimin sakit jugak, tapi, karna di klinik kantor mudah untuk bolak/balik dan gratis, yaaah aku komunikasikan aja ama dia, trus ya dicoba2 banyak cara, dibongkar lagi, bersihin lagi, emang harus sabar kayaknya yah…kalo tetep mau kutanyakan praktik dokterku diluar, let me know yah 🙂

      hu hu sayangnya aku jugak nggak tau nih dokgi yg oke untuk perawatan saluran akar dimana, jadi nggak bisa kasih rekomendasi, semoga cepat sembuh yaaa. semoga perawatannya berhasil ^^

      • Hallo sis mau nanya, kalau root canal ini brp kali ya ? Soalnya waktu itu aku pernah disuruh bolak balik 10x utk perawatan, males bgt kan. Katanya sudah sampai granulum. Nah ini skrg ada lagi yang baru di root canal, pas dikasih obatnya sakit seperti yg sis bilang seperti disuntik, krn kena obatnya sampai akar. Aku bilang ama dokternya paling banter aku mau perawatan ampe 3-4x aja, dia bilang gak bisa gitu sampe bau nya ilang baru ditambel. Takutnya nih skrg byk dokter komersil begini kita disuruh bolak balik ampe 10x.. Hiks

      • Hai Yuni,
        wow 10 kali?! banyak yaaah, sbelum perawatan di ronsen dulu nggak?buat liat kerusakannya…

        Aku kan udah 4 kali perawatan saluran akar yah, banyak kunjungan sih macem2, tapi seingetku paling banyak skitar 4-5 kali gitu deh. Memang banyaknya kunjungan beda2 pada setiap perawatan yah, kalo gigi belum sehat (seperti masih ada bau yg menandakan masih infeksi) sudah ditutup permanen malah lebih menderita, nanti harus bongkar lagi, dan perawatan lagi.

        aku baru nemu artikel di kompas nih tentang spesialisasi dokgi :
        http://health.kompas.com/read/2013/09/02/0727572/Mengenal.Spesialisasi.Dokter.Gigi

        mungkin ada baiknya kita serahkan pekerjaan ke ahlinya yah, kalo bisa dapet dokgi Spesialis Konservasi Gigi (SpKG) biar kita lebih yakin.

        semoga cepat sembuh dan berhasil perawatannya ya Yuni 🙂

  5. Pingback: Senjata yang Harus Dimiliki Si Gigi Sensitif | Keluarga "P"

  6. Halo thanks replynya..
    Dokter gigiku ini udah senior, dia kemarin main langsung perawatan aja gak nanya2x ini mesti diapain dulu.. Trus kalo perawatan jg dia yg nentuin gitu mesti berapa kali, kita jd pasrah aja.. 😦 tapi yg aku suka sama dia biasanya sih kalo nambal/ngebor gitu gak sakit2x bgt.. Kalo dekter gigi yg laen suka gak pake perasaan heheh
    Iya kayanya dirontgen utk diliat ada granulumnya ato engga, kalo sis Hani ada granulum nya gak kemaren2x itu?

    • granulum itu kayak pembengkakan di akar yah? dokgi ku nggak cerita sih sis, cuma emang ada pembengkakan kayak daging keluar dr gigi yang bolong, kata dokterku sih polip, trus polipnya dipotong tuh, ngeriii yah tapi nggak sakit kok akunya dibius hihihi

  7. Dokter yg terhormat,
    saya mau nanya?? Ttg penyakit gigi ini. Saya…., org paling sakit. Gigi rahang atas ama bawah itu uda membusuk. Krn terjadi pembiaran gigi rahang atas 1, 2, 3 kanan Dan kiri maka gusi sering bengkak, parahnya lagi pembengkakan itu jg sampai amandelku bengkak dan lidah sy. Membesar Dan hidung kiri itu miring ketutup. Dan para lagi kerongkongan sy terjadi peradangan parah. Hidung sy seakan akan sepertii mempet Dan sudah bernafas. Mohon petunjuk. Terimakasi.

    • Bapak Andy yang saya hormati, saya bukan dokter. Tulisan ini hanya pengalaman saya sebagai orang awam yang pernah memiliki gigi bermasalah dan menjalani perawatan saluran akar. Dari cerita bapak, sepertinya masalah bapak sangat serius, saya tidak punya opini yang tepat, karena bukan ahli dibidang ini, segera konsultasikan saja dengan dokter gigi pak. Semoga cepat sembuh 🙂

  8. Waduhh… Saya memberikan masukan nih sapa tau para pembaca bisa lbh mengerti ttng perawatan saluran akar ini.. Biar pada ga berfikiran dokter ini itu yg kurang bagus .. Pada dasarnya perawatan sal.akar sama aja kok.. Semua dokter melakukan perawatan yg sama.. Klo mau tau perawatannya berapakali bolak balik itu tergantung kasus gigi kamu dan daya tahan tubuh km sendiri… Ada yg 2x perawatan sudah bisa langsung ditambal tetap, ada pula yg 5-10x.. Ada jg yg lebih dari itu.. Jadi stiap dokgi ga boleh main tambel tetap kalo infeksinya blum benar” hilang.. Percuma dong klo nanti abis ditambal malah jadi makin sakit yg ada kamu makin sengsara.. Nah dan juga stiap bentuk akar gigi itu berbeda-beda tiap orng ada yg lurus ada yg belok”, klo kebetulan dokgi km ngerawat yg belok” tentunya lbh sulit sis .. Masalah sakit sehabis di rawat itu memang tergantung.. Ada yg ga sakit apa” ada yg sakit.. Tp sakitnya bersifat sementara.. Jadi bersabar aja dan minum obat sesuai yg dokter anjurin.. Perawatan saraf gigi memang memakan waktu kita cukup lama… Tp memang seperti itu perawatannya sis.. Klo ga mau bolak balik perawatannya ya dicabut aja gigi nya haha sekali kunjungan aja hehe….

  9. Terima kasih ya buat sharingnya…Saya sedang menghadapi hal yang seperti ini juga sekarang.
    Pusssiiiiing dan capeee karena berkali-kali sakit gigi. Kebanyakan karena udah bolong parah dan banyak jug ayg busuk tapi seperti yg mbak bilang, tetep ga mau dicabut karena takuuuutttt….banyak yg bilang kalo salah cabut gigi ada yg berefek sampe mata minus ga karuan, bahkan yg paling parah ada yg sampai taraf kematian, siapa yang ga takut kalo denger hal yg kayak gitu. Sekarang ini, gigi yang sakit sepertinya gigi yang ada ‘Polip’nya juga. Aduuuuhhhh……ngeri baget deh….
    Mudah2an beneran ga terlalu sakit karena gigi yg nyut2an karena bolong….

  10. Saya juga sedang menjalani root canal treatment..
    biaya untuk 1 kali perawatan tergantung tempat anda berobat. kalo saya sekitar 80ribuan untuk satu kali perawatan ^_^

    • lupa namanya.. tapi dulu aku pasang crown dan ngilangin polip di drg yang di jalan sumbing. enak banget di sana dan bagus hasilnya.

  11. hey semua. menarik banget postingannya. aku ke spesialis gigi di rsgm ui salemba untuk perawatan saluran akar dll, mau pakai behel juga disana.
    menurut aku biaya disana tidak mahal, hanya 75 ribu sampai 100 setiap pertemuan untuk rawat saluran akar. biaya pendaftaran 15 ribu rupiah. yang nanganin juga dokter gigi para kandidat spesialis disana, mereka ramah n cakep2 hehe. yang pasti terjamin lah ya.. karena mereka juga kadang didampingin para instruktur yang juga dosen mereka (para profesor/ doktor) seru deh pokonya. sekian share pengalamanku disana 🙂

Leave a comment