Asi Eksklusif dan Persenjataannya

Bismillah,
Pingiiin banget Riffa dapat ASI Eksklusif, mikir2 kalo gw udah masuk kerja butuh banyak tabungan, karena akan meninggalkan Riffa seharian hiks. So, persenjataan inilah apa2 yg dibutuhkan untuk urusan tabung-menabung ASIP

Breast pump
Menurut gw, breast pump adalah salah satu dari inovasi2 genius yang pernah tercetus sepanjang sejarah umat manusia, hehehe😀, karna manfaatnya luarrr biasa, mengentaskan kelaparan dan mencerdaskan bangsa *halah*. Sebenernya sih bisa aja ASI diperah dengan tangan, ada tekniknya http://www.medelabreastfeedingus.com/tips-and-solutions/130/how-to-manually-express-breastmilk—the-marmet-technique, iyaaa bisa buat yg ahli dan sabar, buat yg pemalas kayak gw yaaa breast pump lah penolongnya😀. Gw sempet searching beberapa model, tapi akhirnya jatuh hati pada medela swing. Pompa elektrik ini punya 2-Phase Expression Technology, dengan 2 mode, mode memijat yang memicu LDR (Lact Down Reflect) dan mode memerah. Suaranya nggak berisik, katanya sih lebih lembut dibandingkan medela mini elektrik. Pokoknya nyaman deh dibandingkan dengan pengalaman gw sebelomnya make pigeon yg manual, pake pigeon yg manual sakit, menurut gw tarikan pompanya kekencengan😦, kalo swing kan bisa disesuaikan tuh mompanya bisa nambah kenceng bisa dipelanin. Yaaa emang keduanya beda kelas sih, jadi gak bisa dibandingin😀.

Charger baterai
Karena memilih pompa elektrik, gw jadi butuh charger baterai. Untuk ini sih gw gak banyak milih, tinggal nyomot yg gw temuin di supermarket. Ternyata pilihan gw bagus, bisa buat baterai AA sekaligus baterai AAA ^^.

Botol asi kaca
Botol kaca aman digunakan untuk penyimpanan asi jangka panjang. Awal-awal sih beli yg imut, ukuran 50ml, karna belum pengalaman dan gak PD sekali merah bisa dapat 100ml. Belakangan udah mulai PD beli yang ukuran 100ml, sekarang sekali merah bisa dapat 200ml, rekor terbanyak dapat 300 ml sekali merah *pamer *kipas-kipas😀. Selain itu, alasan membeli botol 100 ml adalah irit tempat di freezer, toh sekali mimik mas Riffa emang habis 100ml, jadi passslah.

Selain Botol ASIP kaca, alternatif lain bisa juga make plastik ASIP, lebih praktis tapi boros nihhh gak bisa dipakai ulang.

Freezer
Dari semua senjata yg gw punya, untuk punya freezer ini butuh ekstra rayuan ke hubby, soalnya harganya ekstra. Freezer yg gw punya 4 rak merek GF-K149. hmmm model lama sih, gapunya teknologi defrost😦. Truus blon sebulan lampunya mati hiks, gara2 mindahin saklar, pas nyolok lagi lampunya gamau idup, iiiiih sebel. Tapi gapapalah so far, cukup dinginnya untuk mengamankan ASIP. Ini nih, gambar tabungan gw, dalam 3 minggu dapat segini, gak banyak sih, tapi CUKUP, Alhamdulillah.

Cooler Bag & Ice Pack
Thanks a ton to my friends, dapat hadiah yg amat berguna, cooler bag sekalian ice pack-nya. Gw suka, warnanya ijo, bentuknya kayak tas makan siang, kadang2 suka disangka orang “hmmm itu tupperware yaaa”😀. Ice pack igloo 4 buah, cukuplah untuk mengamankan ASIP selama perjalanan pulang, ASIP tetap beku sampai rumah. Untungnya di kantor ada kulkas yg bisa dititipin ASIP, jadi ASIP yg diperah dikantor bisa beku, dan bisa ditabung gak perlu langsung minum.

Warmer
Again, Thanks to my sister atas hadiah penghangat ASIP. Pemanas ini sih katanya mempertahankan suhu ASIP sampai 40 derajat celcius, tapi hhmmmm pada praktiknyaaa, kalo kelamaan gw rasain panas ASIP lebih deh dari 40, so karna ngeri ASIP rusak, gw pesenin orang rumah untuk jangan lama2 menghangatkan ASIP-nya.

Medela Calma & cangkir
Niatnya sihhh untuk menghindari bingung puting, Riffa nggak dikasih dot, diusakan mimik dari cangkir, atau minimal dot yg support breast feeding. Calma support breast feeding, tapiiii pada praktiknya Riffa nggak suka, dan kalo mimik make itu jadi rewel dan lebih lama habisnya, make cangkir juga butuh kesabaran ekstra. Karna kasihan sama yang nungguin Riffa yaaa sudahlah kembali menyerah pada dot tradisional.

Waktu nulis ini usia Riffa 3 bulan, dan walopun banyak aral melintang :p, so far so good masih lanjut ASIX, mudah2an terus sampai 6 bulan, dan nyambung sampai 2 tahun, Aamiin. Dari semua senjata diatas sebenernya ada satu senjata rahasia yang paling ampuh yaitu dukungan keluarga. Alhamdulillah gw punya mama yang bisa dititipin Riffa seharian, cuma ada juga tuh temen gw yg tetep sukses walopun ortunya jauh, kuncinya sih kepercayaan kepada siapapun yang kita titipkan untuk mengasuh buah hati. Dukungan hubby juga luar biasa gw rasain, mulai dari nyemangatin untuk menuhin freezer, bantuin urusin Riffa, sampai dukungan dana untuk melengkapi persenjataan, hehe. Mari Asi Eksklusif \^_^/

Leave a Reply

