Crown Gigi [Gigi Robocop]

Cerita ini sambungan dari cerita gw tentang gigi sebelumnya. Gw tegaskan sekali lagih yah, tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman gw semata sebagai pemilik gigi busuk, dan gw bukanlah seorang ahli gigi. Singkat cerita, gw memiliki 3 gigi busuk, dua dari tiga gigi busuk itu berhasil diselamatkan dari kebinasaan dengan perawatan saluran akar gigi (root canal). Treatment selanjutnya yang harus gw jalani setelah root canal adalah penambalan. Ada beberapa jenis tambal gigi yang biasa dilakukan para ahli gigi, nah kali ini gw mau cerita tentang tambal crown. Berbeda dengan tambal cor yg umum kita ketahui, tambal crown tidak cukup hanya dengan mengisi bagian gigi yang bolong, tetapi juga menyarungi gigi dengan bahan yang dicetak sebelumnya (menyarungi gigi/memberikan mahkota/crown).

tmbalan-64-300x238

Tambal Crown (sumber)

Kenapa gw memilih tambal crown daripada tambal cor biasa adalah karena lubang gigi yg udah terlalu besar dan bahkan kehilangan sebagian mahkotanya, jadi nggak mungkin bisa ditambel dengan tambal cor. Bahan yang digunakan untuk crown ada beberapa macam, bisa dipelajari disini. Gw sendiri menggunakan 2 jenis bahan berbeda untuk kedua gigi gw.

Bahan pertama adalah amalgam yang merupakan campuran beberapa logam dengan merkuri. Walaupun mengandung merkuri tapi tetep aman digunakan, karna jumlahnya sangat kecil dan terikat dengan logam lain. Amalgam digunakan untuk crown gigi geraham gw, bahan ini dipilih karena kuat dan tahan lama cocok buat gigi geraham si pekerja keras yang selalu mengunyah. Walaupun warna crown amalgam kurang indah (berwarna metal) kayak gigi robocop, tapi yaaa nggak masalah karena, digunakan digigi belakang, nggak terlihat, kecuali kalo gw ngakak lebaaar. Kelebihan lain crown amalgam adalah harganya yang nggak semahal bahan porselen😀, crown sebuah gigi berbahan amalgam seharga kurleb Rp. 950.000.

Bahan kedua adalah porselen, digunakan untuk crown gigi samping sebelah taring. Alasan utama bahan ini dipilih adalah karena warnanya yang cantik menyerupai gigi asli, nggak mungkin kan gigi yg nongkrong agak di depan berwarna kayak gigi robocop atao kayak rapper bergigi blink blink. Bahan porselen katanya sih nggak sekuat bahan amalgam, tapi nggak masalah blom pecah sampe sekarang karena gigi samping nggak dipake ngunyah ekstrim😀. Kekurangan bahan porselen adalah mahalnyaaa, satu crown gigi ajah seharga Rp. 1.950.000, belom lagi biaya perawatan saluran akarnya TT_TT, karena sebelum di crown, saluran akar gigi harus disehatkan dulu.

Begitulah cerita gw, jadi sebelum memilih jenis tambalan yg pas, silahkan dipelajari dulu kebutuhan gigi anda, apakah bisa cukup dengan tambal cor atau harus dengan tambal crown. Kemudian bahan tambal crown yang digunakan juga disesuaikan dengan peruntukkan gigi, letak gigi (estetika), dan budget yang dimiliki. Semoga bermanfaat ya ^^.

11 thoughts on “Crown Gigi [Gigi Robocop]

  1. Pingback: Senjata yang Harus Dimiliki Si Gigi Sensitif | Keluarga "P"

  2. Say…tp koq Kayak pake gigi crown nafas agak GAk enak yah….GAk segar gitu. Aku sampe sikat gigi 3 kali sehari Loh.ada saran GAk mbak…

Leave a Reply

